Bab 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dijaman
sekarang teknologi sudah berkembang pe-sat, sehingga menyebabkan sesuatu yang
telah usang akan semakin dilupakan seiring berkembangnya zaman dikarenakan ada
suatu hal yang lebih menarik diband-ingkan dengan hal sebelumnya. sebagai
contoh bila kita lihat pada zaman dahulu saat barang elektronik yaitu handphone
keluar, permainan pada handphone pada saat zaman dahulu yaitu snake, tetris,
bounce dll. Bila kita lihat sekarang karena kemajuan teknologi su-dah pesat,
game zaman dahulu itu seakan telah menghi-lang seakan ditelan bumi.
Arduino adalah
pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring
platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki pros-esor
Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pem-rograman sendiri.
Dengan menggunakan
Arduino kita dapat membu-at kembali game yang telah lama hilang tersebut
meng-gunakan sebuah konsol. Untuk mencapai tujuan itu khususnya membuat game
Retro Snake Nokia berbasis Arduino dirancang dan dikembangkan.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang
ber-kenaan dengan buku Retro Snake Nokia berbasis Ardu-ino. Untuk itu penulis
merumuskan masalah, sebagai berikut :
1.
Apa itu Game Console ?
2.
Apa yang dimaksud dengan Arduino ?
3.
Apa saja tipe-tipe pada Arduino ?
4.
Apa itu IDE Arduino ?
5. Bagaimana penggunaan Arduino sebagai contro-ller
Game Console ?
1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan
masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah
se-bagai berikut :
1.
Untuk mengetahui apa itu Game Console.
2.
Untuk mengetahui apa yang dimaksud Arduino.
3.
Untuk mengetahui tipe-tipe Arduino.
4.
Untuk mengetahui IDE Arduino.
5. Untuk mengetahui penggunaan Arduino sebagai
controller Game Console.
0 komentar:
Posting Komentar